Ingin menikmati liburan religi dengan suasana yang berbeda? inilah solusinya, tempatnya terletak tidak begitu jauh dari kota Banyuwangi, bahkan masuk ke kota banyuwangi itu sendiri. Salah satu tujuan wisata religi yang populer di Banyuwangi adalah makam Waliyullah Syekh Abdurrahim bin Abu Bakar bin Abdurrahman atau yang akrab di sebut Datuk Ibrahim. Makam Waliyullah keturunan Arab Saudi itu terletak di Desa Lateng Banyuwangi. Letak makam tersebut berada di pusat dan keramaian kota. Tokoh tersebut oleh para kelompok pengikutnya dijadikan sebuah mitos untuk dijadikan sebagai panutan orang agar memberikan arahan kepada orang agar memberikan arahan kepada manusia agar tidak terjerumus ke jalan yang tidak diridhoi allah SWT.

Datuk Malik Ibrahihim Bauzir dikenal oleh masyarakat Banyuwangi sebagai seorah tokoh ulama yang begitu gigih menyebarkan agama islam di jawa dan bali, sehingga banyak peziarah yang datang untuk bertawaduk dan berzikir ke tempat makam Datuk Ibrahim, khususnya pada malam jum’at legi karena menurut sebagian orang pada malam jum’at legi adalah malam yang paling baik atau penuh rahmat.

Selain makam Datuk Malik Ibrahim ada juga makam para cantrik Datuk Malik Ibrahim dahulunya tepatnya. Ribuan penziarah dari berbagai daerah datang silih berganti ke makam salah satu penyebar agama islam di bumi blambangan ini. Dalam catatan juru kunci, makam datuk ibrahim tersebut tidak hanya di kunjungi oleh masyarakat biasa. Namun, kalangan pejabat sipil maupun militer sering datang mengunjungi makam tokoh yang meninggal dunia pada tahun 1876 itu. Juru kunci di makam Datuk Ibrahim ini adalah Habib Kadir.

Menurut Habib Kadir Dalam tahun ketahun pengunjung atau peziarah terus bertambah bahkan dalam setahun, pengunjung kira-kira mencapai 36 ribu peziarah. Pengunjung makam tersebut tidak hanya dari sekitar banyuwangi saja melainkan dari berbagai daerah di indonesia bahkan ada juga warga dari malaysia dan singapura. Tak disangkal lagi kemashuran beliau terkenal sampai ke luar negeri.

Lokasi makam ini terletak di tepi jalan raya tepatnya jalan basuki rahmad dalam kota banyuwangi. Para pengunjung bisaanya berdo’a dengan membaa yasin dan tahlil. Para peziarah yan datang bisaanya ramai pada malam jum’at legi, jumahnya mencapai 100 orang.Kelurahan Lateng terletak di Kecamatan Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Propinsi Jawa Timur. Jarak Kelurahan Lateng dari kota Banyuwangi kurang lebih 2,5 km, jarak ke ibu kota Kecamatan krang lebih 2,5 km. waktu tempuh masing-masing tempat kurang lebih 0,15 jam dari kota Banyuwangi.

Secara administrasi, batas wilayah Kelurahan Lateng, dari sebelah utara berbatasan dengan Kelurahan Klatak, dari sebelah selatan berbatasan dengan Kelurahan Temenggungan, dari sebelah barat berbatasan dengan kelurahan Singotrunan . dan dari sebelah timur berbatasan dengan kelurahan K.P Mandar.
Bagaimana? Berminat wisata religi di Makam Datuk Malik Ibrahim Banyuwangi?
Ayo singgah ke BANYUWANGI dan temukan hal-hal menarik di kota Banyuwangi…!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *