Tidak dapat dipungkiri lagi, pesona kawah ijen yang merupakan danau terbesar dipulau jawa ini memang menjadi salah satu wisata yang wajib anda kunjungi ketika anda singgah ke kota Banyuwangi. Kawah yang merupakan danau terasam di dunia ini berada di ketinggian kurang lebih 2.387m diatas permukaan laut. Dengan kedalaman 200m dan kawah yang berbentuk elips yang berukuran sekitar 965 x 630m yang mengandung kurang lebih 35 juta meter kubik air asam.

Berbagai macam dan warna batu belerang dapat anda jumapi ketika anda di Kawah ijen tersebut. Tak sedikit orang menyebut kawah ijen sebagai wisata batu belerang yang sanggat indah, selayaknya pemandangan di puncak gunung pada umumnya, anda dapat melihat hamparan pemandangan arah selat bali. Juga berbagai gunung yang berada disekitar kawah ijen tersebut. Anda juga dapat menemukan bunga Edelweis yang cantik pada bulan Juni sampai dengan bulan September .

Wisata Kawah Ijen (Blue Fire) BanyuwangiKebanyakan dari mereka yang mendaki tujuannya adalah blue fire. Apa itu blue fire ? seperti namanya sendiri blue fire di ambil dari kata ‘’blue’’ yang berarti biru dan ‘’fire’’ yang berarti api, maka dari itu blue fire dapat kita simpulkan adalah api biru. Banyak peneliti dari luar negeri yang dating ke banyuwangi hanya untuk menyaksikan keindahan blue fire ini serta menjadikannya objek penelitian yang sanggat langka di dunia. Blue fire itu sendiri terjadi karena semburat belerang cair dari kawah ijen tersebut. Untuk menyaksikan blue fire tersebut anda harus melakukan pendakian setidaknya pukul 01.30 dari pos paltuding

Tak hanya itu saja pesona kawah ijen, pemandangan yang sangat langka ketika anda menyaksikan banyaknya para penambang belerang yang silih berganti naik dan turun di lereng Kawah Ijen. Ratusan penambang belerang  membawa batu batuan belerang berwarna kekuningan. Dengan dibantu alat yang berupa keranjang yang terbuat dari bambu dan memikulnya penambang belerang tersebut menapaki lereng kawah ijen dengan perlahan.berdasarkan beberapa narasumber beban yang di pikul para penambang itu sendiri sekitar 90kg – 130kg. salah satu pemandangan yang terjadi secara alami di kawah ijen setiap hari.

Jalan menuju kawasan kawah ijen sendiri terbilang sangat baik karena jalan yang sudah di benahi pemerintah setempat, Untuk masalah Akomodasi, anda tidak direpotkan untuk membawa bekal karena di paltuding terdapat banyak warung yang menjual kebutuhan anda dalam pendakian ke kawah ijen, penginapan juga tersedia disana serta area perkemahan yang luas tersedia disana sehingga memudahkan anda untuk sejenak beristirahat menuju ke kawasan kawah ijen.

Bagaimana ? tertarik untuk mengunjungi kawah ijen dengan sejuta surga alam tropisnya ?

Ayo singgah ke Banyuwangi !


TEMPAT – TEMPAT TERDEKAT DENGAN KAWAH IJEN



HOTELS

HOMESTAY



TEMPAT NONGKRONG



4 Responses to Wisata Kawah Ijen (Blue Fire) Banyuwangi
  1. Saya tertarik utk mengunjungi. Ada hotel yang bisa sya hubungi utk lakukan booking?
    Salam LAROSA.

  2. Banyuwangi sungguh luar biasa

  3. Kalau ke ijen serunya rame – rame lebih asyik, kesana jangan pas musim hujan dingin banget

  4. saya sudah pernah ke kawah ijen tapi telat pas sampai atas jadi gak kebagian blue fire 🙁


[top]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *