BUS ANTAR PROPINSI

Bus Antar Propinsi – Alat transportasi yang paling mudah dan setiap saat tersedia 24 jam untuk menuju Banyuwangi adalah Bis antar kita antar propinsi. Dengan menggunakan Bis, wisatawan tidak hanya dari Surabaya namun juga bisa dari Malang dan Bali.

Terminal bus utama Banyuwangi bernama Terminal Brawijaya atau Sering disebut Terminal Karangente, yang terletak di dalam kota Banyuwangi. Sebagai gambaran, perjalanan menggunakan bus dari Surabaya menuju Banyuwangi memakan waktu sekitar 6 – 7 jam. Bis yang tersedia adalah Bis Patas dan Bis Ekonomi. Terdapat dua Jalur untuk menuju Banyuwangi, yaitu :

  1. Jalur Pantura
    Kota-kota atau daerah yang dilewati antara lain: Surabaya – Pasuruan – Probolinggo – Situbondo – Bondowoso – Banyuwangi.
  2. Jalur Selatan.
    Kota – kota atau daerah yang dilewati adalah: Surabaya – Pasuruan – Probolinggo – Lumajang – Jember – Banyuwangi. Jika Anda menggunakan Bis Patas dari Surabaya, Anda dapat langsung menuju terminal Jajag atau Terminal Sri Tanjung. Namun jika menggunakan Bis Ekonomi, dari surabaya Anda berhenti di Terminal jember dan melanjutkan perjalanan menuju Banyuwangi.

Wisatawan dapat berhenti di beberapa terminal sesuai dengan tempat wisata yang dituju. Adapun terminal tersebut adalah:

  1. Terminal Sritanjung (Banyuwangi Kota)
    Wisatawan wajib berhenti di terminal Sritanjung dengan mengambil jalur utara jika tempat wisata yang dituju adalah: Pantai Boom, Kawah Ijen, Wisata Osing Kemiren, Bangsring Underwater (Spot Snorkeling).
  2. Terminal Jajag (Banyuwangi Selatan)
    Wisatawan harus singgah di terminal Jajag dengan mengambil jalur selatan, jika akan menuju tempat wisata: Pulau Merah, Teluk Ijo, Sukamade, Pantai Plengkung, Mangrove Bedul, Alas Purwo, Savana Sadengan.

Informasi transportasi adalah sangat penting dipahami oleh wisatwan mengingat Kabupaten Banyuwangi memiliki wilayah yang sangat luas dan tempat wisata tersebar di seluruh wilayah Banyuwangi. Informasi yang kami berikan adalah untuk efektifitas waktu perjalanan menuju Banyuwangi.